Saturday 30 May 2009

Tujuan Lesson Study

Lewis (dalam Muchtar Abdul Karim,2006) menyatakan bahwa Lesson Study diplih dan diimplementasikan karena beberapa alasan. Pertama, lesson study merupakan suatu cara efektif yang dapat meningkatkan kualitas belajar dan mengajar serta pelajaran dikelas. hal ini dikarenakan:
  1. Pengembangan lesson study dilakukan dan didasarkan pada hasil "sharing" pengetahuan profesional yang berlandaskan pada praktek dan hasil pengajaran yang dilaksanakan para guru.
  2. Penekanan mendasar pada suatu lesson study adalah para siswa memiliki kualitas belajar.
  3. Tujuan pelajaran dijadikan fokus dan titik perhatian utama dalam pembelajaran dikelas.
  4. berdasarkan pengalaman nyata di kelas, lesson study mampu menjadi landasan bagi pengembangan pembelajaran.
  5. Lesson study akan menempatkan eran para guru sebagai peneliti pembelajaran.
Kedua, lesson study yang didesain dengan baik akan menghasilkan guru yang profesional dan juga inovatif. Dengan melaksanakan lesson study para guru dapat :
  1. Menemukan tujuan pembelajaran (lesson) satuan (unit) pelajaran, dan mata pelajaran yang efektif.
  2. Mengkaji dan meningkatkan pelajaran yang bermanfaat bagi siswa.
  3. Memperdalam pengetahuan tentang mata pelajaran yang disajikan para guru.
  4. Menentukan tujuan jangka panjang yang akan dicapai para siswa.
  5. menentukan pelajaran secara kolaboratif
  6. Mengkaji secara teliti belajar dan perilaku siswa.
  7. Mengembangkan pengetahuan pembelajaran yang dapat diandalkan.
  8. Melakukan refleksi terhadap pengajaran yang dilaksanakannya berdasarkan pandangan siswa dan koleganya.
Berdasarkan wawancara dengan sejumlah guru di Jepang, Caterine Lewis mengemukakan bahwa Lesson Study sangat efektif bagi guru karena telah memberikan keuntungan dan kesempatan kepada guru untuk dapat :
  • Memikirkan secara lebih teliti lagi tentang tujuan, materi tertentu yang akan diajarkan kepada mutid.
  • Memikirkan secara mendalam tentang tujuan-tujuan pembelajaran untuk kepentingan masa depan siswa, misalnya tentang arti penting suatu persahabatan, pengembangan perspektif dan cara berpikir siswa, serta besarnya rasa ingin tahu siswa terhadap ilmu pengetahuan.
  • Mengkaji tentang hal-hal terbaik yang dapat digunakan dalam pembelajaran melalui belajar dari para guru lain.
  • Belajar tentang isi arau materi pelajaran dari guru lain sehingga dapat menambah pengetahuan tentang apa yang harus diberikan kepada siswa.
  • Mengembangkan keahlian dalam mengajar, baik pada saat merencanakan pembelajaran maupun selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran.
  • Membangun kemampuan melalui pembelajaran kolegial, dalam arti para guru dapat saling mengajar tentang apa yang masih dianggap kurang, baik dalam hal pengetahuan ataupun keterampilan dalam mengajarkan siswa.
  • mengembangkan "The eyes to See students", dalam arti dengan dihadirkannya para pengamat (observer), pengamatan tentang perilaku belajar siswa bisa semakin detail dan jelas.
sementara itu, menurut Lesson Study Project (LSP) beberapa manfaat lain yang bisa diambil dari Lesson Study, diantaranya :
  • Guru dapat mendokumentasikan kemajuan kerjanya
  • Guru dapat memperoleh umpan balik dari anggota/komunitasnya.
  • Guru dapat mempublikasikan dan mendiseminasikan hasil akhir dari Lesson Study. Dalam konteks pendidikan di Indonesia, manfaat yang ketiga ini dapat dijadikan sebagai salah satu karya Tulis Ilmiah Guru, baik untuk kepentingan kenaikan pangkat maupun sertifikasi guru.

No comments:

Post a Comment

video